Pelatihan ini diadakan dan diprakarsai oleh Forum Komunikasi dan Koordinasi Operator Sistem Informasi Desa (ForSID) yang bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Langgudu, bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan Operator SID dalam menerapkan dan mengembangkan sistem informasi desa serta mendukung adanya Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bima tentang One Data Policy (Kebijakan Satu Data) terhadap pelayanan dasar yakni Pelayanan Sosial, Pendidikan dan Kesehatan.

Menurut Kamaruddin, S.Pd selaku Ketua Panitia sekaligus Koordinator ForSID Kecamatan Langgudu, adanya pelatihan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil lokakarya Replikasi SID Kabupaten Bima yang digelar Bappeda bersama Kompak dan Dinas terkait, sehingga perlu meningkatkan Pemahaman, skill serta kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing Para Operator SID dalan menguasai dan mengelola Sistem Informasi Desa yang akurat dan terupdate.

Sumber Foto : Kabar Desa Rupe


Baca juga : Lokarya Replikasi SID Kabupaten Bima


Dipaparkan pula bahwa melalui sistem informasi Desa akan mempermudah Pemerintah Desa terhadap Pelayanan Kepada masyarakat yang lebih cepat. Sebab Desa memiliki basis data yang valid dan terupdate seperti Data Kependudukan, Keadministrasian, Layanan Surat Menyurat serta sederet informasi lainnya seperti Profil Desa, Statistik, layanan mandiri dan Berita Desa.

Sistem Informasi Desa (SID) sendiri merupakan seperangkat piranti yang meliputi fasilitas Perangkat Keras dan Perangkat Lunak, Jaringan, serta sumber daya manusia yang dikelola oleh Pemerintah Desa untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan data desa yang diatur dalam UU Desa bagian ketiga Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa “desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota”sebutnya.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 Hari ini (18-19 September 2019) di Hadiri oleh Camat Langgudu yang dalam hal ini diwakili oleh Kasi Perekonomian, Kasi Pemerintahan Kecamatan Langgudu, Pj. Kades Rupe, Pendamping Desa Kemendes RI, Beberapa Kepala Desa dan Sekretaris Desa di Kecamatan Langgudu.

“Kami Atas nama Pemerintah Kecamatan Langgudu, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Pelatihan Operator SID ini, sebab melalui pelatihan ini, Operator SID se-kecamatan Langgudu akan lebih paham Bagaimana tata cara memanfaatkan, menerapkan dan mengembangkan Layanan Sistem Informasi Desa, sehingga kedepan akses informasi maupun pelayanan terhadap masyarakat oleh Pemerintah Desa lebih cepat dan mudah” Tutup M.Sigit Awaluddin, SE. (ed/SID)


Sumber : Warta Desa Rupe, dibagikan dan diteruskan oleh OpSID Karumbu 

Administrator/Operator SID : Mas'udin, S.Pd